Selasa, 15 Januari 2013

TANDA - TANDA ANAK DILECEHKAN SECARA SEKSUAL

Sebagai orang tua, selain membekali buah hati dengan pendidikan seks yang benar, anda juga harus lebih waspada. Salah satunya dengan memberikan perhatian lebih ketika sifat anak berubah secara drastis. 


Ketika seorang anak megalami kekerasan seksul, akan muncul gejala gejala psikologis dan fisik yang sebenarnya bisa diketahui secara cepat. Dengan mengetaahuinya lebih cepat, seperti dikutip oleh parthway, penanganan pun bisa segera dilakukan untuk mengurangi trauma. Untuk itu, wajib bagi anda mengetahui gejala psikologis dan fisik, anak yang mengalami kekerasan seksual.


Gejala psikologis

1. Tingkah laku seksual
Hal ini biasanya terlihat ketika anak sedang bermain. Kerika bermain boneka, misalnya, merea bisa saja mempraktekkan kekerasan seksual yang telah dialaminya. Ada anak yang tidak menyadari kalau ia telah jadi korban, jadi memang harus ditanyakan secara halus tanpa melukai perasaannya.
2. Mudah tersinggung.
Mudah tersinggung dan marah besar juga bisa jadi gejala. Anak juga jadi sulit diajak bicara dan menutup diri. Awalnya, bisa jadi berubah lebih pendiam, menhendiri dan tidak mau lagi bermain dengan teman temannya. Jika depresi yang dialaminya sudah sangat parah, bisa saja menyakiti diri sendiri dan bunuh diri.
3. Prestasi menurun.
Tak mau sekolah, hilang konsentrasi, juga kerap dialami oleh anak korban pelecehan. Hal ini tentu saja berdampak pada prestasinha di sekolah.
4. Sulit tidur dan tak nafsu makan.
Anak juga cenderung jadi tak nafsu makan, sulit tidur, dan terlihat cemas. Atau biasa juga sering mengigau karena mengalami mimpi buruk.

Gejala fisik.

Untuk gejala fisik, untuk mengetahui secara lebih detail, segera periksakan ke dokter jika anak mengalami gejala berikut.
1. Nyeri perut.
Sakit perut memang bejala umum. Tapi jika anak mengeluhkannya dan terlihat cemas atau berusaha menutupi, anda patut waspada.
2. Nyeri di area intim.
Saat buang air kecil atau air besar, jika anak melontarkan keluhan nyeri, perhatikan baik baik. Nyeri yang terjadi bisa di area genital dan dubur. Segera periksakan ke dokter jika anak menbeluhkan sakit di area tersebut.

1 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Suami Istri Bahagia - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz